Senin, 04 Mei 2015

Hutan Wisata Sreni Indah

hutan wisata serni indah
Jelajah wisata alam Indonesia akhirnya tiba hutan wisata Sreni Indah setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan dari air terjun Banyu Anjlok. Kami putuskan setelah melakukan perjalanan dari Sumosari kami melanjutkan perjalanan menuju Hutan wisata sreni indah melalui desa Bungu Mayong Jepara. Jalan yang lumayan rusak sedikit menghambat perjalanan kami untuk menuju lokasi hutan wisata.

wisata hutan pinus serni indah
Dengan akses jalan yang sudah rusak, kami hanya bisa berjalan dengan hati-hati dengan sedikit berharap semoga nanti bertemu dengan jalan yang lebih baik. namun semakin masuk kedalam desa, jalan yang kami lalui justru semakin rusak. Kami berharap jalan ini segera diperbarui agar akses lebih mudah dan cepat. Disamping itu, sebagai penunjang akses wisata agar wisatawan nyaman untuk menuju lokasi hutan wisata ini.

serni indah
 Hutan Wisata sreni indah, atau sering disebut wono sreni indah merupakan hutan lindung yang terletah di kaki gunung Muria. Tepatnya di desa Bategede Nalumsari Jepara. Hutan ini sebagian besar di tanami pohon pinus. Selain sebagai kawasan hutan lindung, Wono sreni indah juga dimanfaatkan sebagai Bumi Perkemahan. Biasanya pada saat musim kemah sekolah, Hutan Pinus ini banyak digunakan sebagai tempat kegiatan perkemahan. Tercatat, hutan ini pernah digunakan untuk perkemahan Saka Wana Bhakti Tingkat Nasional.

pemandangan hutan serni indah
Sreni Indah sendiri, dikelola oleh Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) Kabupaten Jepara. Pohon-pohon pinus disini tumbuh subur dan besar-besar. Sehingga berhawa sejuk dan cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat rekreasi. Tempat ini biasa digunakan sebagai tujuan rekreasi, pendakian maupun jalan-jalan santai. Hutan wisata sreni cukup luas, yakni sekitar 110 hektare (ha). dengan luas hutan pinus yang seperti itu, hutan wisata sreni indah memang layak untuk digunakan sebagai tempat untuk merefreshingkan pikiran.
hutan wisata serni indah
ada perbedaan antara hutan wono pinus setro batealit dengan hutan pinus serni indah, yaitu pada jarak tanam pohon pinus, dan luas, hutan pinus setro batealit tidak terlalu luas, tapi jarak antar pohon dekat dekat,seta tidak banyak disisipi tanaman selain hutan pinus, serta lebih teratur, hutan serni indah bateali areanya begitu luas, tapi jarak antar pohonya agak jauh, dan banyak disipi tanaman lain seperti kopi, dan pohon-pohon selain pinus, mungkin kalo anda sudah pernah berkunjungg mungkin anda bisa membedakannya.

hutan wisata serni indah

hutan wisata serni indah

Untuk sampai ke hutan sreni indah, wisatawan bisa memakai kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor maupun kendaraan umum.akses paling mudah melalui jalan arah Nalumsari-kudus nanti akan ada papan penanda pintu masuk area wisata,  Pengunjung diharapkan untuk waspada karena akses menuju hutan wisata ini berbelok-belok dan agak curam.
penghuni hutan serni bategede

1 komentar: